Your logo Here

Oct 3, 2009

Mengapa Indonesia Sering Gempa Tektonik

by Goo-blog 0 comments



Tidak bisa di hindari Indonesia merupakan daerah rawan gempa yang disebabkan oleh tumbukan lempeng Eurasia dengan lempeng Indo-Australia. Pulau Indonesia merupakan jalur gempa yang aktif hingga sekarang terbentang dari P. Sumatra sebelah barat - P. Jawa sebelah selatan - kemudian ke utara menuju ke sebelah timur P.Sulawesi.



Dengan kondisi tatanan tektonik seperti inilah negara ini selalu dan selalu dilanda gempa tektonik. Dengan tatanan tektonik seperti ini juga Indonesia memeliki busur magmatis yang berada di sepanjang garis subdaksi. Mungkin kita bertanya kenapa kita merasakan benaca alam saat ini, bencana alam tektonik sudah berlangsung sejak lama sebelum kita atau negara ini terbentuk, tetapi kita mengetahui dengan jelas keganasan bencana alam baru akhir-akhir ini. Padahal jika kita kaji secara lebih lanjut Gunung api yang ada di Indonesia mempunyai potensi becana yang juga dasyat seperti gempa tektonik. Contoh pada gunung krakatau yang sekarang muncul dengan gunung anak krakatau.

Entah kapan kita merasakan kehancuran sebuah gunung sehingga hal itu bisa kita lihat atau membuktikan. Bencana tektonik serta gunung api meletus tidak bisa di pisahkan di negara ini karena dua hal ini sangat berkaitan pada geografis Indonesia. Terus bagai mana cara kita mengantisipasi dua bencana alam ini.

Pertama kita harus tau bahwa negara ini merupakan kawasan rawan bencana dan letusan gunung api sehingga kita sadar kita harus berhati-hati dan waspada, Kontruksi bangunan yang harus standar bencana harus sudah menjadi hal yang wajib, membuat alokasi pengungsian atau jalur pengungsian, membuat peta kawasan rawan bencana. Kita tidak bisa mengatasi semua bencana alam, tetapi kita bisa mengantisipasi jatuhnya korban yang banyak di saat bencana itu datang,

Dengan terjadinya gemap yang sering melanda maka disinilah peran seorang giologist serta saintis untuk lebih bekerja keras dalam melakukan pendekatan pada masyarakat umum bahwa masih banyak hal-hal yang bisa membuat kita sedih dalam bencana. Indonesia kurang begitu menghargai para geologist dan saintis, jika disaat bencana alam inilah baru negara percaya akan kata2 geologist dan saintis. Mungkin Indonesia membutuhkan geologist untuk menguras habis tambang dan minyak, tetapi untuk masalah bencana alam kurang tanggap.

Terus dengan bencana ini semua apakah membuat negara ini menjadi negara yang miskin atau malah hancur?, saya rasa sebaliknya malah negara ini akan menjadi negara kaya akan sumber alam dan keunikan geografis ini membuat negara seharusnya menjadi negara yang pintar.

Gempa tektonik, sunami, dan gunung meletus adalah hal wajar di negara ini dan kita harus merasa familiar dengan hal ini. Mari kita sama-sama belajar dengan hal ini semua, sehingga jika terjadi gempa maupun gunung melutus kita bisa lebih siap dan merasa bersahabat dengan semua bencana ini.

blog comments powered by Disqus

Goo-blog
Goo-blog blogger yang terus belajar blog serta teknik seo
d_ccol_kusuma97@yahoo.com

Subscribe feeds via e-mail
Subscribe in your preferred RSS reader

Subscribe feeds rss Recent Entries

Categories

Top News Links

Technorati

Technorati
My authority on technorati
Add this blog to your faves