Your logo Here

Dec 22, 2009

Festival Museum Nusantara

by Goo-blog 7 comments



Festival museum nusantara minyak dan gas bumi "Graha Widya Patra" (Gawitra) merupakan koleksi museum nusantara dalam festival TMII. Festival museum nusantara yang dilangsungkan di Taman Mini Indonesia Indah salah satu wujud dalam mengenalkan kita kepada kekayaan alam dan seni budaya bangsa.

Museum nusantara Graha Widya Patra terletak di sebelah timur TMII yang berisikan tentang sejarah industri minyak dan gas di Indonesia. Museum ini berdiri wujud dari peringatan 100 tahun berdirinya industri migas Indonesia.

Festival museum nusantara yang terdapat di musem minyak bumi berisikan tentang sejarah-sejarah terjadinya cekungan minyak bumi serta asal mula terbentuknya minyak bumi hingga tahap eksplorasi dan akhirnya tereksploitasi dan di nikmati oleh bangsa kita.

Berdirinya museum minyak bumi dalam festival nusantara membentuk perubahan pola pikir kita dalam mengenal teknologi perminyakan dan tingkat eksploitasi dalam dunia pertambangan dan perminyakan. Patut kita ketahui bahwa dunia sangat tergantung dengan minyak bumi, dan Indonesia adalah salah satu negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Wajar jika kita mempelajari seluk beluk minyak bumi dengan mengunjungi musem Graha Widya Patra.

Museum Minyak dan Gas Bumi

Kontruksi museum minyak dan gas bumi Graha Widya Patra memiliki gedung utama berbentuk anjungan lepas pantai dimana memiliki dua bangunan pendukung yang berbentuk gilig menyerupai tangki minyak, giling yang menyerupai tangki minya ini dinamakan Anjungan Eksplorasi dan Anjungan Pengolahan. Ruang anjungan eksplorasi di pamerkan berupa sejarah industri perminyakan, di ruang ini terdapat Teater Minyak yang memutar film pendek dan multislide mengenai asal-mula serta hasil pengolahan minyak dan gas bumi di Indonesia. Terdapat juga ruang conto berbagai benda dan bahan mengenai minyak dan gas bumi yang ada di sekitar kita. Anjungan eksplorasi juga menitik beratkan eksplorasi minyak dan gas bumi dimana didalamnya terdapat sejarah terbentuknya cekungan minyak dan gas bumi serta bagaimana cara penerapan teknologi eksplorasi dimasa lalu sekarang dan yang akan datang.

Di luar gedung museum terdapat peralatan pengeboran minyak dan peragaan benda-benda eksplorasi berupa menara bor tahun 1930-an, berbagai pompa angguk, sebuah truk logging tua, pompa bensin engkol, dan sebuah kilang minyak tua. Dengan adanya festival museum nusantara ini maka kita bisa lebih mengenal teknologi serta ilmu sebuah penerapan minyak bumi dan gas.

Bisa kita ambil kesimpulan bahwa dengan mengunjungi salah satu museum di festival musem nusantara yaitu minyak dan gas bumi "Graha Widya Patra" (Gawitra)maka kita bisa mendapaykan:

1. Sejarah minyak dan gas bumi Indonesia

2. Sistem cekungan pembentukan minyak dan gas bumi Indonesia

3. Mengenal batuan serta alat eksplorasi minyak dan gas bumi

4. Mengenal sistem eksplorasi minyak dan gas bumi

5. Mengetahui perlengkapan dan peralatan eksplorasi minyak dan gas bumi dimasa lalu saat ini dan yang akan datang.

Selain 5 hal yang saya ambil masih banyak lagi yang bisa anda ambil dari mengunjungi festival museum nusantara minyak dan gas bumi "Graha Widya Patra". Dengan info ini maka kertertarikan anda dengan kekayaan alam dan teknologi perminyakan akan semakin berkembang setiap dekadenya.




blog comments powered by Disqus

Goo-blog
Goo-blog blogger yang terus belajar blog serta teknik seo
d_ccol_kusuma97@yahoo.com

Subscribe feeds via e-mail
Subscribe in your preferred RSS reader

Subscribe feeds rss Recent Entries

Categories

Top News Links

Technorati

Technorati
My authority on technorati
Add this blog to your faves